0002-niat- cara turunnya wahyu

shahih Bukhari 2 
fathul bari 2

dari Aisyah Ibu kaum mukminin, bahwa
Al Harits bin Hisyam bertanya kepada Rasulullah ﷺ, "Wahai Rasulullah, bagaimana caranya wahyu turun kepada engkau?"
Maka Rasulullah ﷺ menjawab,
"Terkadang datang kepadaku seperti suara gemerincing lonceng dan cara ini yang paling berat buatku, lalu terhenti sehingga aku dapat mengerti apa yang disampaikan.
Dan terkadang datang malaikat menyerupai seorang laki-laki lalu berbicara kepadaku maka aku ikuti apa yang diucapkannya".
Aisyah berkata, "Sungguh aku pernah melihat turunnya wahyu kepada beliau ﷺ pada suatu hari yang sangat dingin, dan saat wahyu terputus dari beliau, dahi beliau mengucurkan keringat."



shahih Bukhari 2976
fathul bari 3215

dari 'Aisyah radhiallahu'anhu bahwa
Al Harits bin Hisyam bertanya kepada Nabi ﷺ, "Bagaimana caranya wahyu datang kepada Tuan?".
Beliau menjawab, "Terkadang datang kepadaku seperti suara gemerincing lonceng lalu terhenti sebentar namun aku dapat mengerti apa yang disampaikan. Dan cara ini yang paling berat buatku.
Dan terkadang datang malaikat menyerupai seorang laki-laki lalu berbicara kepadaku maka aku ikuti apa yang diucapkannya".



shahih Muslim
syarh syahih muslim

dari 'Aisyah;
Harits bin Hisyam pernah bertanya kepada Nabi ﷺ, "Bagaimana caranya wahyu datang kepada Anda?"
Jawab beliau, "Terkadang wahyu datang kepadaku seperti bunyi lonceng. Itulah yang paling berat bagiku. Kemudian bunyi terputus, sedangkan aku telah memahami maksudnya. Terkadang malaikat datang menyerupai bentuk laki-laki, lalu aku memahami apa yang dikatakannya."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar